Selasa, 12 Juni 2018

Film Please Stand By Kisah Perjalanan Gadis Autis yang Cerdas


Film Please Stand By Seorang wanita muda bernama Wendy (Dakota Fanning) dengan sindrom Asperger (autis). Ia betul-betul mandiri dengan pemikiran brilian dan selera humor yang cerdas. Namun baginya, orang-orang adalah sesuatu yang kompleks dan dunia ini daerah yang membingungkan. Ia melarikan diri dari pengasuhnya dalam upaya untuk menyerahkan manuskripnya ke kompetisi menulis Star Jalanan.

Memiliki kakak atau adik, malahan seorang si kecil yang mempunyai "kekurangan" bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang diharapkan. Mereka memerlukan perhatian yang lebih dari manusia "normal". Kadang, orang tua/wali wajib menyerahkan pengasuhan kepada pihak ketiga sebab keterbatasan waktu.


Wendy, seorang gadis polos penderita autis, tinggal bersama pengasuh, Scottie, dan sebagian penghuni rumah dengan "kelebihan"-nya. Wendy tergila-gila dengan Star Jalanan sampai dia cakap membuat naskah untuk film berikutnya setebal lebih dari 500 halaman. Tujuan (sementara) hidupnya simpel; mengirimkan naskah bikinannya supaya bisa ikut serta kompetisi penulisan naskah. Walaupun perjalanan yang bagi orang awam itu mudah, melainkan tak untuk Wendy dan anjingnya, Pete. Perjalanan ke kota Los Angeles yang dipenuhi kebisingan betul-betul mengganggu Wendy sesaat sesudah gawai pemutar musiknya dicuri.

Pengukuran sebuah film oleh tiap orang bisa betul-betul berbeda. Tentu ada faktor subyektif yang melatarbelakangi pengukuran tersebut. Film Please Stand By ini berkesan bagi saya pribadi lebih pada persoalan hubungan kakak-adik Wendy-Audrey. Sebab ya saya mempunyai kemiripan hubungan tersebut. Bagaimana Audrey meremehkan Wendy yang tak bisa mengatur diri, sehingga mengatur harapan Wendy untuk berjumpa seketika dengan keponakannya. Wendy mempunyai harapan kuat untuk menggambarkan bahwa dia telah sesuai untuk berjumpa keponakannya. Judul film Please Stand By diambil dari cara Wendy untuk menenangkan dirinya.

Adegan film Please Stand By di daerah Wendy kerja menegaskan bagaimana orang "aneh" bisa hidup seperti orang "normal". Berkesibukan dan bergaul dengan orang lain sampai Wendy malahan bisa disukai oleh Nemo, rekan sejawatnya. Namun konsisten ada saja orang yang sengaja memanfaatkan kekurangan Wendy. Ada satu adegan yang unik dikala seorang polisi Los Angeles yang membujuk Wendy dengan bahasa yang "asing" bagi rekan polisi sejawatnya.

Jalan cerita Please Stand By yang cukup lempang sehingga perselisihan yang ada tak terlalu mengaduk-aduk perasaan adalah satu kelemahan film ini. Aku lebih banyak memandang kelebihan film ini walaupun tak membuat film ini menjadi luar awam baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Efektif Untuk Menghindari Hasrat Belanja Berlebihan Part 2

Bagi Anda yang telah mempunyai penghasilan sendiri, memakai dan membelanjakan sejumlah uang tentu mesti dikerjakan dengan amat penuh per...